Hubungi kami 022-2505584
info@salman-alfarisi.com
Jln. Tubagus Ismail VIII no.42A, Bandung

Kurikulum Taman Kanak-kanak Salman Al Farisi

TK Salman Al Farisi mengembangkan kurikulum yang mengacu pada Permen Diknas No 58 tahun 2009 yang memuat aspek perkembangan

  • Moral - Agama : akhlaq
  • Bahasa : anak menggunakan bahasa sebagai alat untuk saling memahami, mengembangkan dan mengkomunikasikan gagasan, informasi serta berinteraksi dengan orang lain
  • Kognisi : anak mengenal dan memahami berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti angka, bilangan, huruf, mengenal bentuk, jenis, ukuran, waktu
  • Fisik ( motorik kasar dan halus) : anak berkembang kemampuan motorik kasarnya, koordinasi dan keseimbangannya untuk melakukan berbagai gerak. Anak mampu menggerakkan jari tangannya untuk kelenturan otot dalam rangka keterampilan menulis
  • Sosial Emosional : anak mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari dengan mandiri seperti membuka dan memakai baju- sepatu, makan sendiri, toilet training. Anak mengenal aturan dan tanggung jawab terhadap tugas dan barang pribadi

TK Salman Al Farisi mengembangkan kurikulum Khas yayasan yaitu:

  • Diniyyah :
  • Mengenal, melakukan dan membiasakan perbuatan baik dalam aktifitas sehari-hari yang mengarah kepada pembentukan akhlaqul karimah, Aqidah (Rukun iman), kegiatan ibadah (shalat, doa, hadits, membaca Al Qur’an) muamalah (Rukun islam, adab terhadap keluarga, mengucapkan salam), fiqih (wudlu)
  • Leadership :
  • Pembelajaran Leadership terintegrasi di setiap kegiatan “ Leadership is our habit” adalah moto keseharian TK Salman al Fartisi. Ada 7 aspek ketrampilan Leadership yang terintegrasi melalui pembelajaran dan kebiasaan di TK salman al Farisi yaitu :
    • Mengenal Diri ( Understanding self ) : anak diharapkan mampu mensyukuri segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dan kehidupannya
    • Komunikasi ( communication ) : anak diharapkan mampu menjadi pendengar yang baik, pembicara yang baik serta body language yang baik
    • Akhlaq ( getting Along with others) : anak diharapkan peduli, berbagi, percaya, menerima, bersilaturahiim dan tanggung jawab dengan sesamanya
    • Proses Belajar ( learning to learn ) : diharapkan mampu menerima, menggolongkan, menyimpand an mengelola informasi yang diterimanya serta mempunyai kemampuan bertanya dan rasa ingin tahu yang baik
    • Membuat keputusan ( decision making) : anak diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisa, membuat alternatif, bertindak dengan baik.
    • Mengatur (managing) : anak diharapkan mampu merencanakan, mengorganisasi, bertindak dan mengevaluasi dengan bai
    • Kerja Kelompok ( working with group ) : anak diharapkan ikut aktiif berpartisipasi dalam kelompok
  • Sains dan Green education : pembelajaran yang berbasis lingkungan
  • Bahasa Inggris : anak dikenalkan percakapan dan lagu sederhana dalam bahasa inggris
  • Bahasa Arab : anak menmterjemahkan doa harian, hadits dan Al qur’an
  • Teknologi Informasi : mengenal teknologi informasi dasar sejak dini melalui software sederhana yang memuat program permainan edukatif yang menyenangkan yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak

Model pembelajaran yang digunakan adalah sentra dan lingkaran

  • Setiap kelas dalam satu hari akan masuk ke dalam satu sentra yang didalamnya terdapat berbagai permainan yang dapat dipilih oleh setiap anak. Permainan yang ada di dalam sentra bertujuan untuk menstimulus aspek perkembangan moral/ agama, bahasa, kognisi, fisik dan sosial emosional anak. TK Salman Al Farisi memiliki 7 sentra yaitu :
  • Sentra Diniyyah
  • Sentra Leadership
  • Sentra Sains/Green Education
  • Sentra Komputer
  • Sentra Balok
  • Sentra Persiapan
  • Sentra Olah Tubuh Dan Musik

Pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan tematik

  • Dalam satu tahun siswa dikenalkan dengan berbagai tema seperti : pembiasaan di sekolah, mengenal diri, mengenal Allah, mengenal lingkungan sekitar, mengenal tanaman, binatang, pekerjaan, alam semesta, mengenal tanah air, dan sebagainya. Melalui pendekatan tematik ini, semua sentra diarahkan mendukung tercapainya tema yang sedang berjalan. Sehingga pembelajaran mengalir menjadi saling terkait dan menguatkan pemahaman siswa terhadap tema pembelajaran
  • Sentra Diniyyah
  • Sentra Leadership
  • Sentra Sains/Green Education
  • Sentra Komputer
  • Sentra Balok
  • Sentra Persiapan
  • Sentra Olah Tubuh Dan Musik

Prinsip dasar pencapaian kurikulum di TK Salman Al Farisi adalah bahwa

  • Sekolah adalah rumah (home) bagi anak
  • Guru adalah orang tua bagi anak di sekolah
  • Anak itu unik, pelayanan disesuaikan kebutuhan individu anak
  • Kebahagiaan dan keceriaan adalah landasan seluruh program
  • Kesabaran, keikhlasan, kurikulum dan metode yang unggul adalah kunci keberhasilan pengembangan anak

Pola pembelajaran yang diberikan kepada anak

  • Learing by doing
  • Learning by playing
  • Learning by proses