ILMUWAN CILIK SESI-2

Kegiatan PJJ Jum’at Ceria TK Salman Al farsisi adalah menjadi Ilmuwan Cilik bagian kedua, anak-anak sangat ceria mengikuti beberapa percobaan sederhana yang dibimbing oleh ibu guru melalui google meet. Percobaannya adalah:


1.  BOOT AJAIB

Kita sering menjumpai botol plastik yang tidak terpakai di sekitar kita. Botol plastik ini biasanya dibuang begitu saja setelah digunakan. Ada banyak hal yang bisa lakukan. Salah satunya ialah dengan menggunakan satu prinsip dari 3R, yaitu reuse atau menggunakan kembali.   Memanfaatkan Botol plastik  sebagai bahan pembuatan media pembelajaran dan mainan anak, hal  ini dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas, baik pendidik maupun peserta didik.  Mari berkreasi dengan botol plastik bekas!  

Alat dan bahan :

a.      Botol bekas

b.      2 buah sumpit

c.      Selotip

d.      Karet

e.      Stik eskrim

f.        Baskom

g.      air

Cara :

a.      botol bekas, lalu dilubangi salah satu bagian sampingnya.

b.      Memasangkan sumpit pada sisi botol lalu diselotip agar tidak lepas.

c.      Buatlah kincir dari  stik eskrim

d.      masukkan karet pada ujung batang kayu yang sudah dipasangkan pada botol.

e.      Memutar kincir dalam karet.

f.        Meletakkan kapal pegas tadi ke dalam bak air.

Keterangan ilmiah :

Gaya pegas adalah gaya tarik yang ditimbulkan oleh pegas. Pada karet gelang yang direnggangkan atau dimampatkan, akan timbul gaya / tenaga kearah benda yang merenggangkannya atau memampatkannya sehingga dapat mendorong maju boot.
Gaya pegas timbul karena adanya sifat elastik/sifat lenting pegas/karet gelang. Sifat elastik ini dimiliki oleh benda yang apabila diubah bentuknya kemudian dilepaskan, maka benda itu akan kembali ke keadaan/bentuk semula. Oleh karena gaya pegas disebabkan oleh sifat elastik atau sifat lenting pegas atau karet gelang maka gaya pegas juga disebut gaya elastik atau gaya lenting.

2.     PESAWAT LUNCUR

Alat dan bahan :

a.      Kertas lipat

b.      Karet

c.      Oblongator

Cara :

a.      Buat origami pesawat

b.      Lubangi bagian bawah dengan olongator

c.      Masukkan karet dan ikat

d.      Luncurkan pesawat dengan menarik karet dan melepaskannya

Keterangan ilmiah :

Gaya pegas adalah gaya tarik yang ditimbulkan oleh pegas. Pada karet gelang yang direnggangkan atau dimampatkan, akan timbul gaya / tenaga kearah benda yang merenggangkannya atau memampatkannya sehingga dapat mendorong pesawat untuk meluncur.
Gaya pegas timbul karena adanya sifat elastik/sifat lenting pegas/karet gelang. Sifat elastik ini dimiliki oleh benda yang apabila diubah bentuknya kemudian dilepaskan, maka benda itu akan kembali ke keadaan/bentuk semula. Oleh karena gaya pegas disebabkan oleh sifat elastik atau sifat lenting pegas atau karet gelang maka gaya pegas juga disebut gaya elastik atau gaya lenting

3.      PERCOBAAN BUNGA MEKAR

Alat dan bahan :

a.      Gunting

b.      Wadah berisi air

c.      Pensil

d.      Kertas lipat

Cara :

  1. Gambarlah bunga di kertas lipat
  2. Potong gambar bunga menggunakan gunting.
  3. Tekuk setiap kelopak bunga ke arah lingkaran, secara berurutan.
  4. Letakkan bunga kuncup di atas permukaan air. Amati apa yang terjadi. 

Keterangan ilmah :
Ternyata kertas dapat menyerap air. Ketika air terserap ke dalam kertas, kertas akan lebih berat karena pori-pori kertas diisi oleh air. Air yang terserap akan bergerak ke bagian atas kertas yang masih kering di sepanjang tekukan-tekukan kelopak. Akibatnya, kelopak bunga kertas akan terbuka sehingga seperti bunga yang sedang mekar.