Leadership Camp SD Salman Al Farisi

Kegiatan pengembangan karakter siswa SD Salman Al Farisi ini yaitu kegiatan Leadership Camp yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 dengan waktu yang berbeda. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana bagi siswa untuk melatih kemandirian diri, mensosialisasikan tentang pengenalan jati diri untuk mempersiapkan anak-anak memasuki masa remaja, dan meningkatkan sportivitas dalam diri.

Tujuan kegiatan Leadership Camp ini adalah supaya mampu menjadi pribadi dengan karakter yang kuat, tangguh dan berintegritas. Disamping itu, siswa juga mendapatkan bekal mengenai hal-hal penting terkait persiapan mereka memasuki masa remaja. Siswa juga dilatih agar memiliki kemandirian didalam dirinya untuk mempertahankan hidup dan membuat keputusan dengan bijak.

Beberapa manfaat Leadership Camp bagi perkembangan siswa :

  • Mengajarkan kemandirian.

Saat Leadership Camp dan jauh dari orang tua, siswa  belajar bagaimana memenuhi kebutuhannya. Segala keperluan pun harus dibawa dan diatur sendiri. Termasuk ketika memasang tenda harus dilakukan sendiri oleh siswa

  • Melatih keberanian dan disiplin.

Tinggal terpisah dari orang tua bukan perkara yang mudah bagi siswa. Perlu keberanian yang besar. Ketika mengikuti kegiatan, keberanian memimpin dan dipimpin dapat terasah. Apalagi kedisiplinan. Selama berkemah, siswa dituntut untuk disiplin tidur dan bangun tidur, makan, mandi, dan menyelesaikan tuga-tugasnya dengan tepat waktu.

  • Belajar bekerjasama dengan orang lain.

Siswa  yang terbiasa berbaur dengan sekolah lainnya, akan lebih mudah beradaptasi pada lingkungannya. Sehingga kerjasama antar siswa dalam satu kelompok maupun dengan regu lainnya dapat terbangun. Ada banyak hal yang harus dilakukan siswa secara bersama-sama seperti : mendirikan tenda, memasak, bergiliran menjaga tenda (patroli), dan sebagainya.

  • Belajar menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah.

Pada kegiatan ini, sudah disiapkan berbagai program atau permainan yang akan dilakukan siswa. Beberapa program yang sering diadakan saat berkemah adalah outbond, mencari jejak, dan hiking. Saat mengikuti program-program tersebut siswa ditantang untuk menyelesaikan masalah.

  • Berlatih mengendalikan emosi.

Saat berinteraksi dengan banyak orang, anak belajar untuk menunda egonya. Pendapat teman harus didengarkan demi mendapatkan kesuksesan.

Kegiatan Leadership Camp ini sering dinantikan oleh siswa dan guru, karena merupakan kegiatan yang menyenangkan dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah.