Wisata Sekolah SD Salman Al Farisi

Masa tumbuh kembang paling penting seseorang ialah pada saat ia kecil, baik masa sebelum sekolah maupun saat sekolah. Anak-anak tumbuh secara pesat dan sangat cepat mempelajari suatu hal.

Seiring masa pertumbuhannya, terdapat banyak sekali pertanyaan dalam benak anak-anak yang tidak dapat diungkapkan seluruhnya. Oleh karena itu, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.

Untuk memfasilitasi keingintahuan tersebut mengajak siswa berjalan-jalan menghirup udara segar amat sangat baik bagi siswa. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan kejenuhan pada siswa setelah dari hari ke hari hanya dituntut untuk belajar dan belajar.

Siswa dapat mempelajari suatu hal secara lebih mendalam dan juga konkret. Mengajak siswa pergi ke tempat wisata atau mengunjungi tempat-tempat sejarah seperti museum.

Manfaat wisata yaitu dapat merangsang minat anak terhadap suatu hal, memperluas informasi yang telah diperoleh di kelas, memberikan pengalaman nyata pada siswa, dan menambah wawasan. Sebelum melaksanakan wisata guru memberikan pembekalan berupa informasi kepada siswa terhadap hal-hal yang akan dilihatnya. Hal tersebut akan bermanfaat dan membuat kesan tersendiri terhadap siswa

Selain itu wisata juga bermanfaat untuk menumbuhkan minat pada siswa, meningkatkan perbendaharaan kata dan pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat, memperluas wawasan, serta menanamkan sikap menghargai terhadap karya dan jasa orang lain.

Seringkali unsur rekreasi menjadi lebih dominan jika dibandingkan dengan kegiatan pengembangan yang telah direncanakan. Memerlukan pengawasan yang cukup ketat terhadap pergerakan siswa diperjalanan ataupun di lapangan. Memerlukan tanggung jawab guru dan pihak sekolah atas kelancaran wisata dan juga keselamatan siswa di lapangan.

Kelebihan wisata adalah bahan yang dipelajari di sekolah akan lebih relevan jika dikaitkan dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengembangan yang dilakukan dapat lebih merangsang minat dan kreativitas anak.

Kegiatan wisata ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh siswa karena dalam pelaksanaanya sangat mengasyikkan.